BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Lembaga
pendidikan merupakan suatu organisasi, dimana terdapat kerjasama sekelompok
orang untuk mencapai suatu tujuan secara bersama. Tujuan bersama adalah
tercapainya tujuan pendidikan nasional sebagaimana dijelaskan dalam UU.
SISDIKNAS No. 20, pasal 3 yang berbunyi :
“Pendidikan
nasional mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa
yang martabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri dan menjadi warga demokrasi serta bertanggung jawab”.[1]
Proses pendidikan yang ada di suatu lembaga tidak
mudah dilakukan, tanpa adanya kerjasama yang baik antara kepala sekolah dengan
guru dan guru dengan siswa serta didukung oleh berbagai pihak terutama adalah
masyarakat sekitar. Proses interaksi ini untuk membentuk manusia yang beriman
dan bertaqwa kepada Allah SWT.
Tanggung
jawab atas manajemen pendidikan secara mikro yaitu kepala sekolah, yang secara
langsung berkaitan dengan proses pembelajaran di sekolah. Sebagaimana yang
dikemukan dalam pasal 12 ayat 1 PP 28 tahun 1990 bahwa : “Kepala sekolah
bertanggung jawab atas penyelenggraan pendidikan lainnya, dan pendayagunaan
serta pemeliharaan sarana dan prasarana”.[2]
Kepala
sekolah harus memiliki visi dan misi, serta strategi manajemen pendidikan
secara utuh dan berorientasi kepada mutu. Strategi manajemen ini merupakan
usaha sistematis dan kerkoordinasi untuk secara terus menerus memperbaiki
kualitas layanan, sehingga fokusnya diarahkan kepada pelanggan dalam hal ini
peserta didik, orang tua didik, pemakai lulusan, guru, karyawan, pemerintah dan
masyarakat.........Ingin File Skripsi lengkap BAB I s/d BAB V silahkan Klik DOWNLOAD SKRIPSI. untuk menjaga keamanan data skripsi dari pihak yang tidak bertanggung jawab kami memberikan password. Cara mendapatkan password klik DISINI